Tahukah Anda Efek Diderot?

FILLER WORDS, Bisa Hilangkah???
Juni 2, 2018
Efek Diderot, Untuk Perubahan.
Februari 21, 2020

Tahukah Anda Efek Diderot?

Hahaha…., Bukan!!! ini jelas tidak ada hubungannya dengan mak erot, wanita yang konon katanya berpengalaman dalam bidang pembesaran dan penguatan serta ketahanan sang “torpedo” kaum adam. Tetapi bisa saja ini memiliki keterkaitan? Saya belum berani berkesimpulan terlalu awal.

Kita tinggalkan sejenak tentang Mak Erot ya. Kali ini kita akan membahas yang namanya Diderot, Diderot adalah nama belakang dari seorang filsuf berkebangsaan prancis yang tenar pada tahun 1765. Bernama lengkap Denis Diderot pada masanya terkenal sebagai filsuf yang sekaligus pendiri Encyclopedie, salah satu ensiklopedi yang paling lengkap pada masa itu. 

Namun siapa sangka, kehidupan filsuf ini sangat miskin, yang hingga pada akhirnya kondisi kehidupan itu berubah, ketika ia tidak mempunyai uang untuk menikahkan putrinya, kaisar Rusia saat itu, Katarina Agung, membeli perpustakaan pribadi milik Diderot senilali 1.000 Poundsterling – lebih dari 150.000 dolar hari ini. Tidak hanya itu, kaisar agung menggaji Diderot untuk bekerja sebagai pengurus perpustakaannya.

Dengan kekayaannya, Diderot akhirnya mampu membiayai pernikahan Putrinya, tidak hanya itu, dia akhirnya mampu membeli Jubah untuk dirinya. Namun ketika dia membeli jubah yang baru tersebut, dan sampai kembali dirumahnya dia melihat barang-barang dirumahnya sudah tidak cocok dengan jubah barunya, hingga akhirnya Diderot membeli karpet baru. Berlanjut dengan membeli patung-patung mahal untuk rumahnya, membuang kursi rotannya yang lama dan menggantinya dengan sofa yang berlapis kulit. Seperti halnya bermain kartu domino yang jatuh beruntun, belanja yang satu disusul belanja yang berikutnya.

Perilaku diderot ini sesungguhnya Lazim. Kecendrungan belanja yang satu disusul belanja berikutnya memiliki nama: Efek Diderot. Efek Diderot mengatakan bahwa satu barang baru sering kali menciptakan spiral konsumsi yang mengantar kepada belanja lebih banyak. 

Tentu banyak sekali yang mengatakan, bahwa hal ini sangatlah memberikan dampak buruk kepada kehidupan setiap orang, yang mengarahkan setiap pola kebutuhan menjadi pola keinginan yang sangat konsumtif, tapi tahukah anda, Pola ini juga banyak digunakan untuk mengubah ke arah kehidupan lebih baik?

Nantikan Artikel Saya berikutnya, Efek Diderot untuk Kehidupan Yang Lebih Baik.

 

Reagen Saragih
Reagen Saragih
Reagen Saragih adalah Associate Trainer Of Motivator Academy dan Public Speaking Academy milik Ongky Hojanto. Disamping menggeluti dunia public speaking juga sebagai Pakar Hipnoterapi Medan dan Talent Mapping Practitioner untuk membantu anda menemukan bakat terpendam anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X