Kekuatan Paradigma

pelatihan public speaking medan, hipnoterapi medan, peta bakat medan, talent mapping medan, NLP Medan
Problem Solver or Problem Reporter
Juli 16, 2017
pelatihan public speaking medan, hipnoterapi medan, peta bakat medan, talent mapping medan, definisi nlp
Berbicara NLP…
September 21, 2017

Kekuatan Paradigma

pelatihan public speaking medan, hipnoterapi medan, peta bakat medan, talent mapping medan, NLP Medan

DevelopeNatureInside | Beberapa hari terakhir kita dihebohkan dengan kasus Fidelis (36), seorang suami yang menggunakan Ganja untuk mencoba mempertahankan kesehatan sang istri Yeni Riawati. Yeni Riawati yang akhirnya meninggal dunia 32 Hari setelah sang suami Fidelis ditahan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau karena menanam 39 batang pohon ganja (cannabis sativa) pada 19 Februari 2017. Sontak permasalahan ini langsung menjadi Viral di dunia maya. Banyak yang mengatakan bahwa fidelis seharusnya di bebaskan, karena pada dasarnya Ganja tersebut digunakan untuk keperluan pengobatan istrinya, bukan untuk diperdagangkan atau dikonsumsi untuk tujuan yang tidak tepat. Ada yang berasumsi bahwa penggunaan apapun bahan psikotropika harus menggunakan resep dokter, bukan dengan sembarangan.

Ya, itulah yang dimaksud dengan paradigma, masing-masing kita memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Terlepas siapa yang benar dan siapa yang salah, kali ini saya mau berbagi sedikit tentang  bagaimana kekuatan paradigma itu sendiri. Paradigma berasal dari bahasa yunani, yang awalnya dulu digunakan untuk kebutuhan ilmiah. Beriringan dengan perkembangan zaman saat ini paradigma digunakan untuk keperluan memaknai model, teori, persepsi, asumsi atau kerangka acuan.

Dalam pengertian lebih umum paradigman kita pahami sebagai “melihat” dunia – bukan melihat dengan indra penglihatan, tapi dari segi merasakan, memahami, dan menafsirkan.

Saya setuju dengan penulis Stephen R. Covey di dalam bukunya “The 7 Habbits of Highly Effective People” yang menganalogikan Paradigma menjadi seperti peta. Benar sekali, seperti peta. Peta bukanlah menunjukkan wilayah, peta hanya menunjukkan penjelasan beberapa aspek tertentu tentang wilayah. Dan inilah yang dimaksud dengan paradigm. Paradigma adalah teori, penjelasan atau model untuk sesuatu.

 

#NLP #Coach #NLPCoach #PetaBakatMedan #Motivasi

 

Ketika anda akan menuju suatu daerah yang sama sekali belum pernah anda kunjungi tentunya anda akan membutuhkan peta, pada saat ini sudah banyak aplikasi yang membantu anda untuk memiliki peta salah satunya google maps, untuk bisa sampai ke tempat tujuan anda. Tapi pernah kah anda bayangkan bagaimana ketika anda menggunakan peta yang salah, maka bagaimana pun usaha anda, secanggih dan secepat apapun kendaraan yang akan atau sedang anda gunakan, anda tidak akan pernah sampai pada Tujuan yang benar.

Perbedaan peta atau perbedaan paradigma ini yang akan selalu membuat anda dan istri anda, anda dan sahabat anda, anda dan keluarga anda, anda dan rekan kerja anda sering mengalami pertengkaran. Bukan karena anda benar atau anda salah, tapi memang “peta” anda berbeda untuk melihat sesuatu.

Sekarang, bagaiamana anda bisa menyamakan persepsi terlebih dahulu, untuk menerima sebuah permasalahan dengan paradigma yang sama. Atau anda  bisa dengan mudah saling menerima paradigma yang berbeda. Paradagima bukan menentukan benar atau salah, perkara Fidelis menurut pandangan saya menjadi pembelejaran buat kita dalam paradigma yang berkembang saat ini di masyarakat.

 

Reagen Saragih TMP., CT., CPS.

 

reagen.saragih@gmail.com

http://www.ReagenSaragih.com

Talent Mapping Practitioner, Certified Trainer, Certified Public Speaking

Associate Trainer Motivator Academy dan Public Speaking Academy

Reagen Saragih
Reagen Saragih
Reagen Saragih adalah Associate Trainer Of Motivator Academy dan Public Speaking Academy milik Ongky Hojanto. Disamping menggeluti dunia public speaking juga sebagai Pakar Hipnoterapi Medan dan Talent Mapping Practitioner untuk membantu anda menemukan bakat terpendam anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X