Efek Diderot, Untuk Perubahan.

Tahukah Anda Efek Diderot?
Februari 16, 2020

Efek Diderot, Untuk Perubahan.

Ketika kita membeli barang baru tentunya efek Diderot ini sering mendera. Beberapa waktu yang lalu, istri saya membelikan saya sebuah Iphone terbaru. Dan saya dengan mudahnya mulai meminta casing pelindung, anti gores yang tidak hanya untuk layar saja melainkan untuk kameranya juga. Tidak berhenti sampai disana, ingin menambah koleksi untuk casingnya ingin casing ini dan itu, tipe yang transparan dan padat. Ingin beli power bank yang MFI (Made For Iphone) dan juga mobile charger  dan yang lainnya juga. Mungkin ada yang belum tahu apa sebenarnya sejarahnya efek diderot, teman-teman bisa klik link disini.

Sama hal nya dengan kebiasaan, kebiasaan juga terjadi dengan pola yang berurutan berdasarkan pola masing-masing. Namun uniknya kita bisa gunakan pola ini untuk menciptakan pola yang baru dengan formula Ketika saya Melakukan [Sebuah Kegiatan] maka saya akan melakukan [Prilaku/Kebiasaan yang baru] ini. Formula ini sangat baik untuk dilakukan namun belumlah tajam. Ketika kita ingin menanamkan sebuah prilaku baru sebagai contoh ketika kita ingin menginstall kebiasaan baru seperti push up 5 kali, kemudian kita menciptakan pola yang baru dengan memilih melakukan push up ketika akan makan siang. Maka formulanya menjadi “Ketika saya makan siang makan saya akan melakukan push up. Namun pada saat pelaksanaannya terjadi hal yang membingungkan, ketika akan melakukan push up nya tidak jelas. Ketika makan siang sebelum atau sesudah, pada saat mau berangkat makan siang, atau pada saat di pantri. Hal-hal ini yang sifatnya tidak cukup jelas maka otak tidak mudah untuk mengikuti arahannya.

Maka untuk membuatnya jelas, kita harus mendetailkan untuk rencana yang akan kita laksanakan tersebut. 

  1. Saya akan melakukan push up sebanyak 5 kali.
  2. Dilakukan setelah saya menutup atau membuat komputer saya dalam mode standby.

Pola ini akan membuat kita dengan mudah untuk menginstallkan kebiasaan baru dengan mengikuti kebiasaan yang sudah terinstall dengan baik. Semoga artikel ini membantu. Selamat menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru yang produktif dan bermanfaat.

Reagen Saragih
Reagen Saragih
Reagen Saragih adalah Associate Trainer Of Motivator Academy dan Public Speaking Academy milik Ongky Hojanto. Disamping menggeluti dunia public speaking juga sebagai Pakar Hipnoterapi Medan dan Talent Mapping Practitioner untuk membantu anda menemukan bakat terpendam anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X